class="bg-header-top">
Effan Shafan

Selain melahirkan band-band besar, NAGASWARA juga banyak meretaskan penyanyi solo. Kali ini, label yang menaungi ratusan artis itu, memperkenalkan penyanyi solo berbakat bernama EFFAN. Sebagai salam perkenalan, EFFAN merilis single perdana ciptannya yang berjudul “Mengajak Pacaran”. Berbeda dengan kebanyak penyanyi solo lain yang berkiblat di jalur pop, dengan kepandaian berolah vokalnya, EFFAN justru bergerak lebih luas ke area pop balad. Alhasil, mendengarkan single ini seperti mendapatkan sebuah pencarian baru dari seorang penyanyi muda berbakat.

“Musik saya sebenarnya cenderung ke etnik (world music). Di sini saya sudah banyak dikenal. Namun, ini adalah bagian dari kompromi saya dengan pasar. Tapi, tetap saya masukkan unsur etnik dalam lagu ini,” kata EFFAN.

Single ini diselesaikan EFFAN dengan dukungan Robert Choky Manurung sebagai Music Arranger, dan sentuhan gitar Didiet. Menurut pemuda yang pada usia 13 tahun sudah mewakili Provinsi Aceh dalam Bahana Suara Pelajar ini, “Mengajak Pacaran” merupakan kisah nyata yang pernah ia alami. Lewat single ini, EFFAN bercerita tentang asmaranya terhadap seorang gadis. Semua perasaan cinta dan perhatian telah diberikan. Namun, jikalau sang gadis merasa tak cukup, ia mempersilakan untuk memilih lelaki yang lain.

“Yah, dalam hidup ini kan kita harus memilih. Kita tidak bisa memaksakan cinta kepada orang lain. Kita hanya bisa menawarkan cinta dan perhatian saja,” terang EFFAN filosofis.

Sejak kecil, musik telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari diri EFFAN. Terlahir dari seorang ayah yang hobby bermain musik, EFFAN pun jadi terbiasa dengan musik. Secara serius, kedua orang tuanya bahkan mengikutkan dia dalam berbagai kegiatan seni. Karena sering mengikuti berbagai pagelaran musik, di Aceh, nama EFFAN cukup dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu daerah. Nama EFFAN baru dikenal luas sejak ia mengikuti beberapa ajang musik tingkat nasional, sepeerti Bahana Suara Pelajar (TPI), Cipta Pesona Bintang (RCTI), dan Indonesian Song Festival di Jakarta.

Banyak nyanyi dan musik EFFAN juga makin terasah saat menetap selama 3 tahun di Jerman (2003 – 2007). Selain membentuk band dan bermain musik di negara-negara Eropa lain seperti Norwegia dan Belanda, EFFAN juga serius mendalami private guitar.

“Mudah-mudahan lagu-lagu EFFAN dapat diterima penikmat musik Tanah Air,” harap penyanyi yang dikenal pandai menciptakan berbagai jenis lagu ini.