Police Academy

Sebelum menyimak single berjudul “Gara-gara Siti” milik POLICE ACADEMY ini, sebaiknya buang keseriusan menyangkut konsep musik. Bermusik bagi bagi band yang diawaki oleh Opang (vokal), Aseng (gitar), dan Didin (drum) adalah hal yang menyenagkan, termasuk melahirkan lirik-lirik jenaka.

Sebagai bukti bahwa musik adalah hal yang menyegarkan pikiran, mereka kemudian mengkonsep single perdana mereka, “Gara-gara Siti”, menjadi oase di tengah menjamurnya musik-musik yang terkonsep serius. Namun benarkah musik POLICE ACADEMY tidaklah serius?

“Sejak awal kita selalu sungguh-sungguh dalam bermusik. Namun, di single ini, kita merasa tidak perlu serius dalam membuat lirik. Dengan cara ini, kita berharap agar musik POLICE ACADEMY lebih gampang diingat,” kata Opang memberi alasan seputar musikalitas bandnya.

Menarik disimak, di single perdana mereka, POLICE ACADEMY memotret persoalan cinta ala remaja yang kental dengan pesan moral. Simak lirik-lirik berikut ini. “Tiap pagi waktu sholat subuh, oh terkejut melihat dirimu. Wajah cantik bagai bidadari, hingga lupakan pacarku. Lihat aku yang perhatikanmu. Siapa di mana alamatmu? Namun adikku pernah bilang, Siti gadis tetanggaku. Kan kutunggu dirimu, di depan rumahku. Gara-gara Siti, aku jadi tobat. Gara-gara Siti aku tau  sholat. Sungguh-sungguh ku tergoda padamu. Siti gadis tetanggaku...”

Selain Opang yang berasal dari Yogyakarta, 2 personil band ini berasal dari Jakarta. Saat Dalam bermusik, para personil band ini mengaku ingin mengungkapkan segala sesuatu secara jujur dan polos. Boleh jadi untuk alasan itu pula, Opang menuliskan pengalaman pribadinya untuk single perdana mereka. Menurut Opang, dengan cara tersebutlah dia dan rekan-rekannya merasa tidak terbebani dan menjadi diri sendiri. Sementara, nama POLICE ACADEMY dipasang sebagai nama group mereka, diambil dari nama serial kartun berjudul sama yang sempat populer di awal tahun 90-an.

“Pokoknya, kita ingi hadir apa adanya. Apa yang kita jalani sehari-hari tidak berbeda dengan karakter kita saat bermusik,” tegas Opang.

Lewat karya-karya mereka yang sederhana, POLICE ACADEMY berharap dapat diterima oleh insan musik Tanah Air. Sukses untuk POLICE ACADEMY.