Ikke Nurjanah

Belakangan musisi Indonesia kerap hanya melempar single ke pasaran bukan album. Hal itu pun juga dilakukan pedangdut Ikke Nurjanah. Ikke melakukannya agar tetap eksis.

“Yang penting keluarin single-single dulu lah. Yang penting tetap berkarya, tetap eksis. Jangan sampai hilang digilas waktu atau trend,” tuturnya saat ditemui di sela-sela syuting video klip single Yang Terbaik ciptaan Evie Tamala di Studio Bangka II no 17 Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (5/03/2011) lalu.

Ikke tak menampik, merilis single saja bukan album memang sedang trend di dunia musik. Ia sendiri, sebenarnya sangat ingin merilis sebuah album. “Sebenarnya percaya diri untuk bikin album. Tetapi menunggu waktu yang tepat," jelasnya.

Bertahan di genre musik dangdut bagi Ikke sangat berat. Untuk tetap eksis, ia pun mencoba mencampurkan musik dangdut dengan jenis musik lain seperti jazz, dan sebagainya.Ikke terakhir merilis album pada 2004, ‘Dua Dalam Satu. Setelah itu, janda satu anak tersebut lebih banyak merilis single.

Pada 2010, ada satu single berjudul ‘Kegagalan Cinta’ yang dikeluarkannya bersama dua pedangdut Cici Paramida dan Kristina. Ketiganya tergabung dalam grup K3mbang. Di tahun ini, ia sempat merilis album bersama beberapa pedangdut yang tergabung dalam ‘d’duta’. Album tersebut adalah ‘Delapan Diva Dangdut Indonesia’. Salah satu single andalannya adalah ‘Yang Terbaik.’