Tumband

Memang aneh dan unik, band yang satu ini namanya Tumband. Dibaca tumben. Atau tumben-tumbenan menyanyi. Band ini dibentuk oleh para komedian yang biasanya melucu. Yakni Daus dan Idan pada vokalis, Hery Sadam pemain bass, drumernya Gilang, keybord dipegang Danis, dan gitarnya oleh Kuplek. Apakah dunia lawak sudah tidak menjanjikan lagi?

Daus Separo vokalis band Tumband, atau biasa dikenal dengan Mail dalam serial sitkom OB di salah satu teve swasta mengatakan kalau menyanyi karena mendapat ijin dari orangtuanya. Ya, sebelum terjun ke dunia tarik suara, Daus sudah mohon doa restu kepada nyokapnya. “Ya kata nyokap, selama itu tidak haram di mata agama ya sok aja. Jadi ya sudah saya jalani saja,” kilah Firdaus yang baru-baru ini membuat video klip di Desa Pasir Heuri, Kampung Budaya, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Daus, yang penting mereka tetap eksis di dunia hiburan. Lucunya, judul lagu pun cukup sederhana. Single “Akhirnya Nyanyi Lagi” ini seakan menggambarkan bahwa yang penting hidup itu happy, suka dan duka tetaplah hati gembira dan tertawa. Bernyanyilah, di saat kita dijerat masalah. Baik masalah hutang piutang, masalah asmara, masalah hati, atau segala bentuk masalah, pasti ada jalan keluarnya.

Tema lagu memang lebih pada keseharian, sebab Daus mengaku, kalau masalah cinta dia merasa masih lugu. Karena itulah ia tidak mau terlibat masalah cinta, sehingga konsep lagunya pun akhirnya jauh dari tema cinta. “Marilah lupakan cinta sejenak, lupakan semua persoalan, yang penting kita tersenyum penuh makna,” ujarnya.

Warna musik dan syair lagu, kata Daus dan kawan-kawan, juga belum terkontaminasi oleh penyanyi manapun. Alias masih asli dan belum ter-influens oleh lagu manapun. “Kalau influens sih belum, tapi kalau batuk-batuk dikit sih iya,” selorohnya lagi.

Lantas, originalitasnya diukur dari mana? Daus mengatakan, ini adalah kisah sehari-hari para remaja yang suka nongkrong di pedesaan, di perkampungan, dan di depan warung-warung sambil bernyanyi dan bermain gitar. “Kalau nongkrong tanpa bermain gitar seperti bumbu tanpa masakan, oh itu nggak ada yang masak berarti ya? Hehehe,” ujar Daus.

Kalau sebelumnya ada group kocak seperti PMR, Teamlo atau Warkop, tapi kali ini jualannya beda. Malah Daus menegaskan jika single mereka “Akhirnya Menyanyi Lagi” tidak ada mirip-miripnya atau dimirip-miripkan dengan tiga grup di atas. Yang pasti, semoga tidak salah mendengar atau salah persepsi dengan single mereka. Hi, TUMBAND! Tumben kalian menyanyi.