Nania

Sejenak menghilang dari dunia tarik suara yang telah membesarkan namanya, di pertengahan tahun 2010 ini, Nania memutuskan untuk kembali menjumpai penggemarnya. Berharap memberikan sesuatu yang berbeda, Nania yang kini bernaung di bawah bendera Big Indie Nagaswara, mencoba untuk menyanyikan ulang (me-recycle) single “Bila Rasaku Ini Rasamu” milik band Kerispatih. Lewat lantunan suara khas Sammy, mantan vokalis band itu, single ini sempat jadi jagoan Kerispatih dalam album “Tak Lekang Oleh Waktu” di tahun 2008.

 

Meski penggarapan musiknya masih dipercayakan kepada Badai “Kerispatih”, single ini berasa lain saat disuarakan Nania. Sejak awal berniat untuk menyanyikan ulang single ini, Nania memang telah meminta kepada Badai untuk mengaransemen ulang “Bila Rasaku Ini Rasamu”. Alhasil, lewat suara Nania, single ini hadir lebih lembut dan girly. Pendek kata, Nania tampaknya berhasil menjadikan single ini sebagai “miliknya”, dan lepas dari kekuatan vokal sang penyanyi asli.

“Jujur, memang berat untuk menghadirkan lagu ini dengan rasa Nania, bukan rasa Kerispatih. Namun, sejak meminta lagu ini kepada Badai, aku sudah memastian untuk menyanyikan lagu ini dengan karakterku sendiri. Dan Badai memang mengaransemen ulang single ini dengan baik,” ucap Nania.

Lantas, apa yang membuat Nania memilih single “Bila Rasaku Ini Rasamu” sebagai gerbang kembalinya ia ke tengah industri musik Tanah Air? Siapa mengira, sejak awal, single ini memang memiliki arti mendalam buat Nania. Ya, single yang berkisah tentang cinta yang terkhianati ini adalah manifestasi curahan hati Nania kepada Badai. Lagu ini ditulis Badai saat hubungan cinta Nania dan Sammy berada di tubir kehancuran.

“Benar, saat itu Nania menceritakan perasaan hatinya yang terkhianati. Dan saya menggubahnya ke dalam bentuk lirik. Sejak awal, lagu ini memang pantas menjadi milik dia. Makanya dia begitu menikmati ketika menyanyikan ulang lagu ini,” aku Badai.

Yang tak kalah menarik disimak dari kembalinya Nania bersama single “Bila Rasaku Ini Rasamu” adalah kisah yang digulirkan dalam video klipnya. Selain menyajikan isi lagu, video klip Nania juga dibintangi oleh Andrea Dian, yang tak lain adalah mantan kekasih Sammy. Entah perasaan apa yang sesungguhnya terjadi saat Nania dan Andrea dipertemukan satu frame oleh sutradara Eman Pradipta dari Ulet Bulu Production.

“Kita kerja secara profesional. Aku dan Andrea berteman. Dan kita saling mendukung untuk melengkapi kehadiran single ini sebagai sesuatu yang sempurna,” ujar Nania.

Jadi, dapat dibayangkan bagaimana seriusnya Nania menghadirkan kembali “Bila Rasaku Ini Rasamu”. Nagaswara sendiri akan memasukkan single Nania ini ke dalam mini album Kerispatih (dengan vokalis baru).

Tak ada data.