Helvy Maryand

Tak banyak yang mengenal sosok penyanyi yang satu ini, namun siapa yang tidak mengenal lagu “Mas Joko”?, sebuah lagu jenaka yang sangat familiar dan mencapai top hits di awal tahun 1995. Sang pelantun lagu bernama lengkap Helvy Maryand, kini menghadirkan kembali tembang lawas tersebut dalam konsep yang berbeda. Penyanyi yang telah malang melintang dalam industri musik pop daerah, kini mempersembahkan kembali lagu lawas tersebut dalam sajian musik pop ringan yang lebih segar. Helvy begitu ia akrab disapa, kali ini merasakan ada sensasi yang berbeda, ketika ia membawakan kembali single tersebut dengan konsep dan aransemen baru.

Dalam konsep baru inilah, Helvy tampil menjadi dirinya sendiri, yang berhak menentukan semua konsep mulai dari kostum, arahan musik, sampai performance di panggung. Meski keberhasilan luar biasa yang diperoleh single “Mas Joko” di awal tahun 1995, namun secara kepuasan, tidak beriringan dirasakan Helvy, saat itu dia dipaksa untuk menerima atas segala panduan dan segala aturan yang di limpahkan kepada dirinya. Helvy merasakan sebuah keajaiban, ketika diawal kariernya single “Mas Joko” mendapat sambutan yang luar biasa dari pecinta musik tanah air. Hingga pada masa itu “Mas Joko” seakan berganti menjadi panggilan namanya. “Pada saat itu, orang panggil saya Mas Joko bukannya Helvy, saking terkenalnya lagu itu”, ungkapnya ketika diminta berbagi pengalaman dimasa lalunya.

“Mas Joko” hadir mengemas lirik – lirik sederhana tentang gambaran kekaguman seorang perempuan akan pria idamannya. Dalam kemasan barunya single ini mengkombinasikan beat beat selayaknya irama – irama riang yang menjadi salah satu kunci utama keberhasilan single ini di masa terdahulunya. “Memang bukan hal yang gampang, ketika kita membawakan ulang kembali, sebuah lagu yang pernah ngetop di masa lalu, tapi saya tetap yakin kalau lagu “Mas Joko” versi baru ini bisa mengulang sukses seperti dulu”, ungkap Helvy ketika menceritakan tantangan membawakan lagu ini kembali. Dalam perjalanan kariernya, Helvy telah merampungkan 16 (enam belas) album solo, lebih dari  10 (sepuluh) judul sinetron. Helvy merasa bakat menyanyi yang diturunkan oleh ibunya, menjadi sebuah anugrah yang patut disyukuri, karena hal ini lah yang menjadi modal utama dalam mendapatkan kesuksesan yang telah diraihnya.

Bersama Big Indie NAGASWARA, Helvy tampil menawarkan sebuah pilihan baru dalam keragaman pilihan musik saat ini. Meski telah mendulang sukses yang diraih single ini dimasa lampau, bukan berarti menjadi sebuah jaminan akan mendulang sukses yang sama, ketika single tersebut di daur ulang, namun setidaknya akan mempermudah masyarakat dalam mengingatkan kembali akan single ini. Sehingga, bisa menjadi sebuah langkah untuk mempermudah single ini bisa di apresiasi pecinta musik Tanah Air