Nagoya Victoria

Nagoya Victoria. Inilah nama penyanyi NAGASWARA yang hadir di awal tahun 2013 dengan membawakan single berjudul "Goyang Naga". Single berirama "house dangdut" ini diciptakan oleh personil SET14, yang sehari-harinya berprofesi sebagai dokter di Lampung. Bagi Nagoya, karya dokter Aldo ini menjadi langkah perdanana yang menghantarnya terjun ke aliran dangdut modern.

"Aku merasa kemistrinya bagus. Semua mengalir begitu saja. Mudah-mudahan lagu ini bisa disukai banyak orang," kata Nagoya.

Lewat single ini pula, Nagoya memperkenalkan sebuah goyangan baru yang diberi nama "Goyang Naga". Goyangan ini, selanjutnya akan menempel pada Nagoya dan menjadi ciri khasnya. Menurut dara kelahiran Cirebon, Jawa Barat ini, musik dangdut itu identik dengan goyang. Jika sebelumnya khalayak sudah melihat berbagai goyangan dangdut dan namanya, maka "Goyang Naga" akan menjadi goyangan terbaru.

Menarik dicatat, nama Nagoya (juga sama dengan nama kota di Jepang) yang disandangnya, tak lain merupakan kependekan dari "Naga Goyang" alias "Goyang Naga". Nama ini diberikan oleh produser NAGASWARA Rahayu Kertawiguna. Menurut Nagoya, kedua orang tuanya tidak mempersoalkan perubahan nama panggung pada dirinya. Nama itu, bahkan dianggapnya sudah memberikan hoki.  Lantas, siapakah Nagoya Victoria sebenarnya?

Nagoya Victoria adalah nama lain dari Bunga Victoria. Tahun 2011, gadis berusia 20 tahun ini sudah menelurkan single perdananya yang berjudul "Ku Tak Sempurna". Tidak main-main, single ini diciptakan oleh Charlie SETIA Band. Charlie pula yang menjadi mentor awal Nagoya terjun ke dunia musik profesional. Bersama adiknya, Cantiq Adya Francesca,  Nagoya juga sempat membentuk duo bernama Bunga Cantik, dan merilis single "Bodo Amat, Ah" di tahun 2012.