Sembilan Band

 “Zaskia”. Itulah judul single terbaru S9mbilan band yang dilempar ke pasar awal tahun 2014 ini. Berbeda dari beberapa nomor S9mbilan band terdahulu, single ini digarap band asal Cirebon, Jawa Barat itu dengan sedikit sentuhan musik dangdut. Soal judul, mereka mengaku diilhami dari nama si Goyang Itik, Zaskia. 

 
Single ini sendiri berkisah tentang kerinduan seorang kekasih kepada pujaan hatinya yang bernama Zaskia. Dengan lirik-,lirik yang sederhana, sEmbilan band mencoba “mentransfer” perasaan cinta mereka untuk dirasakan pendengarnya. Lewat single ini pula, sEmbilan band sepakat menggabungkan tiga warna musik sekaligus, yakni pop, Melayu dan dangdut.
 
“Saya dan teman-teman hanya menyesuaikan diri dengan musik dangdut modern yang tengah booming,” kata I’am, vokalis sEmbilan band.
 
Namun demikian, dangdut yang coba dipasang sEmbilan band dalam lagu “Zaskia” adalah adaptasi dari musik dangdut asli Cirebon bernama Buroq. Lewat konsep semacam ini, I’am berharap bisa ikut menyebar luaskan musik asli daerahnya. 
 
“Zaskia” adalah satu di antara sembilan lagu sEmbiland band lainnya yang siap dirilis dalam bentuk album. Menurut I’am, pada album sEmbilan band ini, dia dan rekan-rekannya mencoba lepas dari bayangan Charly Setia band. Sebelumnya, nama sEmbilan band sangat identik dengan karya-karya Charly. Apalagi, Charly merupakan kakak kandung I’am.
 
“Saatnya saya dan teman-teman berdiri sendiri,” tegas I’am.
 
sEmbilan band bergabung di bawah NAGASWARA dan merilis album perdananya, “Cemara” pada tahun 2009. Lewat album ini, beberapa single seperti “Hafizah” dan “Ada Bayangmu” iku mengangkat nama band yang kini digawangi oleh I’am (vokal), Ryo (bas), Lufti (keyboard) dan Bagus (gitar). 
 
Warna musik sEmbilan band sangat Melayu. Namun pada nomor “Ada Bayangmu”, sEmbilan band sempat tampil lebih enerjik dengan nada-nada upbeat. Dan di tahun ini, mereka mencoba warna musik yang lebih berwarna pada lagu “Zaskia”.
 
“Mudah-mudahan lagu ini bisa diterima banyak orang,” kata I’am berharap.