Kangen.Lagi

"Orang kaya pun pasti mati. Orang miskin pun ikut mati. Raja-raja pun pasti mati. Dunia ini tak berarti. Cantik di dunia sementara. Kelak kau pun tua juga. Maka jangan pernah berbangga. Dunia ini sementara..."

Itulah penggalan lirik penuh makna yang ditulis Dodhy Hardiyanto untuk single religi perdana duo band Kangen.Lagi berjudul "Dunia". Kangen.Lagi diisi dua personil, yakni Andika (vokal), dan Dodhy (gitar/vokal latar).

Menyebut nama Dodhy, Andika dan Kangen, memang tak asing bagi kita. Sebelum membentuk Kangen.Lagi, Dodhy dan Andika pernah mencatat kisah fenomenal bersama sebuah band bernama Kangen atau Kangen Band. Sayang, tahun 2012, Andika terpaksa angkat kaki dari Kangen dan menjalani proyek solonya.

Kepergian Andika ini, diakui Dodhy sebagai kehilangan besar. Meski masih tetap menjalankan Kangen bersama vokalis baru, semua telah berubah bagi Dodhy. Menurutnya, hanya Andika saja yang bisa menterjemahkan semua lagu yang ia ciptakan.

"Aku dan Andika dari kecil sudah bersama. Kita saling tahu. Makanya dia paling ngerti apa yang aku mau," kata Dodhy yang menciptakan hampir semua lagu Kangen Band.

Pada akhirnya Dodhy menyadari, ia dan Andhika berpisah untuk sesuatu hal baru yang seharusnya tidak perlu terjadi. Padahal, persahabatan di antara keduanya jauh lebih penting. Alasan ini pula yang membuat Dodhy terus mencari cara agar bisa bersama Andika lagi.

Dan sudah menjadi pengetahuan umum, perjalanan hidup Andika penuh liku-liku. Namun, baik Andika maupun Dodhy belajar untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam hidup yang pernah mereka lakukan, Saat ini, keduanya merasa ada pada titik kedewasaan yang lebih baik. Untuk itu pula, mereka sepakat kembali bersama dan membentuk sebuah duo band.

"Nama Kangen itu gak bisa lepas dari kita. Itu sejarah. Dengan formasi baru, kita namakan Kangen.Lagi," terang Dodhy.
Bergabung dengan NAGASWARA, Dodhy dan Andika merasa perlu ada yang lain dengan kehadiran kembali (reborn) mereka di industri musik. Bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan, Kangen.Lagi mencoba memperkenalkan sebuah single religi berjudul "Dunia". Ide perbuatan lagu ini diakui Dodhy terilhami dari kehidupan manusia yang terlalu mendewakan dunia, hingga melupakan akhirat. Padahal nantinya semua akan mati juga.

"Jadi simple saja isi lagu ini. Kita tidak ingin menggurui, tapi lebih memotivasi diri untuk ingat bahwa dunia itu sementara," kata Andika.

Komposisi lagu ini mengikuti konsep liriknya yang sederhana, yakni hanya diisi dengan gitar Dodhy dan part biola yang dimainkan Henry Lamiri. Sementara Lirik "Dunia", diakui Dodhy sangat dipengaruhi oleh lagu "Dunia Sementara Akhirat Selamanya" karya Derry Sulaiman, penyanyi yang juga seorang pendakwah.

"Derry adalah sahabatku. Beliau juga pernah membawakan lagu aku yang berjudul 'Hijab'," ungkap Dodhy.
Dodhy memastikan bahwa Kangen.Lagi berbeda dari Kangen Band. Setidaknya, lewat duo band ini, Dodhy dan Andika mencoba tampil lebih dewasa dalam segala hal. Rencananya, selepas Lebaran tahun ini, mereka sudah siap merilis sebuah single regular lainnya. Sukses untuk Dodhy, Andika, Kangen.Lagi dan NAGASWARA.