06/12/2017 11:05 AM
share on :  
Jasa Dokumentasi Video Artis Ndeso

Sejak booming genre musik dangdut koplo campur sari, maka lahir pula para newcomer artis asal daerah pesisir pantai utara di pulau jawa (Pantura). Pedangdut dari orkes daerah berekspansi ke ibukota Jakarta ibarat kecebong di musim hujan. Dibalik kisah tersebut,  menurut saya, bidang dokumentasi visual sangat berperan penting. Mengapa?? 

Ekspansi penyanyi pendatang baru ini dengan mudah tampil di stasiun-stasiun televisi nasional karena punya alasan yang kuat,  yakni pengikut (follower) nya di media sosial seperti You Tube dan IG mencapai puluhan ribu dalam waktu sekejap. Ini yang pernah saya bilang bahwa media sosial adalah media alternatif setelah media konvensional stasiun televisi dan stasiun radio. Selain itu,  para pedangdut asal "ndeso" ini juga sering manggung di acara-acara hajatan bersama orkes musik.  Semua ini tak lepas dari peran para dokumenter visual tadi.
 
Selain faktor di atas, segala sesuatu memang serba sinergis antara penyanyi, orkes musik dan jasa dokumentasi dalam setiap hajatan. Dapat dipastikan, dalam sehari ada 2 atau 3 kali hajatan di setiap desa, kecamatan atau kabupaten di sepanjang Pantura.  Tentu sebanyak itu pula dokumentasi acara tersebut ikut dibikin.
 
Makanya jangan menganggap remeh jasa dokumentasi rekaman video ini. Dari kepiawaian mereka lahir visual rekaman yang beredar di media-media sosial. Dan jasa dokumentasi ini merupakan salah satu peluang usaha potensial di kehidupan dangdutan Pantura. Ia bahkan sudah menjadi salah satu bagian dari ujung tombak untuk mengorbitkan artis pendatang baru "ndeso".
 
 
Salam Kekinian
 
RK
 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101405

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :66419

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :51561

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :40031

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :34340

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31973