12/02/2018 01:05 PM
share on :  
Saatnya Karya Lokal Mengglobal

Akhir pekan kemarin, saya blusukan ke kota Solo (Jawa Tengah), Madiun dan Nganjuk di Jawa Timur. Dalam catatan saya, kota-kota ini adalah di antara yang memiliki keterikatan kental dengan musik dangdut. Apalagi ketika musik dangdut koplo makin masuk ke berbagai kalangan dan mencuri perhatian banyak orang. Kita tahu, di daerah-daerah ini tumbuh puluhan bahkan ratusan perkumpulan orkes Melayu, dan komunitas-komunitas dangdut. Di Nganjuk, saya menyempatkan diri bertemu dengan Nella Kharisma dan tim managemen artis tersebut. 

Nella Kharisma adalah salah satu primadona dangdut koplo. Penggemarnya banyak. Nella juga  banyak menyanyikan lagu-lagu di bawah NAGASWARA. Video klip lagu-lagunya yang di-upload di YouTube ditonton begitu banyak orang, bahkan hingga lebih dari angka jutaan. Dalam sejarah perjalanan musik dangdut di Tanah Air, hal ini menjadi sangat menarik. Bagaimana tidak, lompatan teknologi di dunia maya justru menempatkan musik dangdut  pada posisi terhormat sebagai musik asli Indonesia. Dangdut sekarang menjadi sesuatu yang ngepop.
 
Kenyataaan tersebut, tak kurang membuat banyak musisi daerah yang merasa cukup berkarya di tingkat lokal. Mereka lebih memilih mengambil banyak job di daerah-daerah ketimbang menerima undangan tampil di televisi nasional. Soal popularitas, dirasa dapat diperoleh lewat panggung-panggung dan media sosial, terutama via YouTube. Saya tidak menyalahkan sikap ini. Hanya saja, perlu diingat bahwa musik adalah produk masal yang bakal memiliki keterkaitan dengan banyak orang, berbagai kepentingan dan implikasi hukum.
 
Musisi-musisi daerah sepatutnya dapat berkarya dengan baik dan terkelola lebih profesional supaya dikenal luas. Tidak hanya dalam cakupan nasional, tapi harus bisa mendunia. Hak Cipta atas karya-karya mereka harus diatur dengan baik, supaya tidak merugikan si artis bersangkutan. Saya bersyukur Nella Kharisma banyak menyanyikan lagu-lagu NAGASWARA, termasuk duet dengan duo NAGASWARA, RPH (Republik Penguasa Hati - Yogi, Jaya dan Dave). Ke depan, RPH juga akan berduet dengan dua artis lokal, yakni Tata Asheva dan juga orkes rockduth Ken Arock. Semoga karya-karya yang mereka hasilkan dapat menjadi investasi hidup di masa depan.
 
 
Salam Kekinian,
 
 
 
 
RK
 
 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :102114

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :67469

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :58035

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :40704

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :35686

Perlu jarak waktu lama  untuk The Virgin mengeluarkan album lagi setelah album perdana Yes I Am.Duo Mita dan Dara mengaku bukan perkara mudah untuk akhirnya merilis album baru. Terutama persetujuan founder mereka Ahmad Dhani yang sekaligus manajemen The Virgin.

viewed :33625