14/02/2018 11:05 AM
share on :  
Perang Bintang dalam Kontestasi Pilkada

Dalam sebulan terakhir ini, saluran berbagi video YouTube banyak dihiasi lagu-lagu kampanye para peserta kontestasi Pilkada 2018. Lagu-lagu tersebut sengaja digarap secara baik, dan dinyanyikan oleh artis-artis/ musisi yang dikontrak para peserta Pilkada atau partai pengusungnya.  Meski ini bukan hal baru dalam budaya politik kita, namun belakangan menjadi sebuah keniscayaan. Apalagi, ketersediaan akses internet dengan perangkat media sosialnya, dianggap mampu menjembatani kebuntuan pesan politik dari para kandidat peserta Pilkada kepada pemilih muda atau milenial. 

Terkait hal di atas, wilayah pemilihan Jawa Timur menjadi yang paling seksi dalam pandangan saya. Anda bisa lihat, salah satu kandidat peserta Pilkada di sana misalnya, jauh-jauh hari sudah mendeklarasikan penyanyanyi dangdut Nella Kharisma dan Via Valen sebagai ujung tombak mesin kampanye mereka. Dua bintang asli Jawa Timur itu memang tengah naik daun lewat lagu-lagu dangdut koplo. Sang kandidat merasa keduanya sebagai perwakilan anak muda yang kreatif. Namun, kita paham bahwa Nella dan Via memiliki penggemar fanatik yang luar biasa besar. Pasar inilah yang sesungguhnya dibidik para politisi.
 
Kandidat lain tentu saja tidak tinggal diam. Untuk melawan Nella Kharisma dan Via Valen, mereka mengontrak penyanyi dangdut dan artis lain yang juga memiliki banyak penggemar. Beberapa artis yang sudah menjadi kader partai pendukukang calon bersangkutan, bahkan siap diterjunkan untuk merangkul generasi milenial. Jadilah perang bintang. Suara kaum muda di Jawa Timur diperkirakan berada di angka 10 - 14 juta. Tentu merupakan jumlah yang tidak kecil guna melengkapi keseluruhan jumlah suara di Jawa Timur sekitar 32 juta pemilih.
 
Kalau kita tarik ke belakang, artis/ musik dan politik bukan hal baru di negeri ini. Yang paling kental terlihat adalah pada masa Orde Baru. Saat itu, partai utama pengusung pemerintah, memasang artis-artis/ penyanyi sebagai mesin kampanye mereka ke berbagai pelosok daerah di Indonesia. Makanya tak heran jika pada setiap musim kampanye, bermacam-macam album (saat itu dalam bentuk kaset) dirilis penyanyi ternama guna mendukung partai milik pemerintah itu. Semoga di masa sekarang, artis tidak hanya dijadikan branding politik semata, namun janji-janji politik dari para kandidat pemimpin itu harus dapat diwujudkan. 
 
 
Salam Kekinian,
 
 
 
RK
 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101668

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :66787

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :56440

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :40368

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :34925

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :32236