08/03/2018 02:05 PM
share on :  
Peringatan Hari Musik Nasional 2018

 Sebuah konferensi bernama KAMI (Konferensi Musik Indonesia) digelar pada 7 -9 Maret 2018 di kota Ambon dengan Glenn Fredly sebagai ketua komite. Acara yang dirancang sebagai forum konsolidasi musik nasional dalam memajukan ekosistem musik Indonesia sejalan dengan semangat UU No. 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan sukses digelar mulai hari ini Rabu (9/3/2018) di Taman Budaya, Ambon.

 
Konferensi yang tersusun oleh rangkaian seminar dan diskusi dibuka oleh Mentri Keuangan Sri Mulyani yang memaparkan pentingnya musik sebagai salah satu aspek yang akan meningkatkan PDB nasional. Jika dari kalangan industri musik jelas memberikan proposal yang sesuai, pemerintah berjanji akan memberikan akses pembiayaan untuk pendidikan musik dan pembangunan gedung pertunjukan di tiap daerah. 
 
“Tapi ingat, harus jelas dan transparan, Saya tidak mau ada kasus-kasus yang pada akhirnya berakhir di KPK,” papar mentri Keuangan yang juga vokalis Elek Yo Band, band yang terdiri dari para menteri cabinet Joko Widodo dan Jusuf Kalla mendapat sambutan merian dari peserta konferensi.
 
Seiring perkembangan teknologi digital yang memangkas jarak antara semesta penciptaan dan publik konsumen musik, musisi-musisi baru bermunculan dengan percepatan yang tak terbayangkan pada beberapa dekade lalu. Kesempatan ekonomi yang tumbuh dari kecenderungan itupun terbuka lebar. Akan tetapi, menurut survei Bekraf dan BPS 2017, kontribusi subsektor musik terhadap PDB sektor ekonomi kreator barulah 0,47%. Ini yang perlu di tingkatkan juga.
 
Dalam sesi panel pertama menghadirkan nara sumber diantaranya Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang menjelaskan soal kebijakan yang harus, sudah, dan akan dilakukan oleh Bekraf dalam memajukan musik Indonesia sebagai kekuatan ekonomi masa depan. “Kami sedang membangun Big Data untuk musik Indonesia,” kata Triawan.
 
Anang Hermansyah sebagai Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menekankan akan pentingnya transparansi soal semua hal terkait penggunaan lagu dan tata kelola oleh collecting society. Selain itu ada Ari Juliano Gema dari Deputy Hak Kekakayan Intelektual Bekraf yang menyoroti pentingnya soal pencipta lagu mendaftarakan karya mereka ke publisher.
 
Fariz RM mewakili musisi yang sudah 40 tahun berada di industri mengharapkan ini tidak menjadi wacana belaka, namun menjadi kenyataan yang membuat ekosistem musik Indonesia menjadi sehat.
 
Di acara ini juga digelar beragam diskusi khusus yang melibatkan banyak perwakilan pelaku musik dari berbagai daerah. Rencana pokok-pokok kesepakatan yang dicapai dalam KAMI 2018 akan disampaikan pada Presiden Joko Widodo pada 9 Maret 2018, bertepatan dengan Hari Musik Nasional.
 
Jadi untuk teman-teman di Ambon, jangan lupa agenda penting di kota kalian di Taman Budaya dari tanggal 7,8 dan 9 Maret 2018. Bertemu dan berjejaring dengan pemangku musik dari seluruh Indonesia samsul merayakan Hari Musik Nasional 2018. www . qubicle.id.
 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :102323

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :67838

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :58540

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :40876

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :36008

Perlu jarak waktu lama  untuk The Virgin mengeluarkan album lagi setelah album perdana Yes I Am.Duo Mita dan Dara mengaku bukan perkara mudah untuk akhirnya merilis album baru. Terutama persetujuan founder mereka Ahmad Dhani yang sekaligus manajemen The Virgin.

viewed :34525