07/06/2018 08:05 AM
share on :  
Naming and Shaming

Istilah yang menjadi judul di atas relevan dengan kasus dugaan pelecehan seksual lewat dunia maya yang baru saja dialami penyanyi dangdut Via Vallen (VV). Banyak pihak yang mendukung langkah berani VV mengunggah pesan tak senonoh yang diterimanya dari seorang pesepakbola melalui direct message (DM) di Instagram, pada Selasa (5/6). Naming and shaming adalah upaya menyebut nama si pelaku agar yang bersangkutan menjadi malu sekaligus memberi efek jera.

VV tentu bukan satu-satunya artis/ penyanyi yang mengalami perlakuan pelecehan seksual di dunia maya. Sepanjang tahun 2017, Komnas Perempuan mencatat beragam pelecehan seksual kepada perempuan lewat internet berjumlah ratusan. Angka sesungguhnya bisa lebih besar mengingat banyak korban yang tak ingin bicara karena malu dan alasan lain. Di dunia nyata, kejadian-kejadian serupa lebih marak terjadi.

Saya tak memungkiri, industri hiburan atau lingkungan kehidupan artis, penyanyi atau selebriti memang dekat dengan hal-hal yang menjurus kepada kejahatan seksual. Sekarang, malah ada yang dikategorikan sebagai cyber harassment atau cyber violence. Anda bisa lihat, baru-baru ini kasus kejahatan seksual menghebohkan Hollywood, Amerika. Banyak artis ternama buka suara kalau sejak muda mereka dilecehkan oleh seorang produser besar dan sederet aktor kenamaan lainnya. 

Untuk itu, upaya speak up atau buka suara dari si korban menjadi sangat penting dalam pengungkapan kasus-kasus semacam ini. Jika kejahatan tersebut terjadi di dunia maya, tentu ada jejak digital yang ditinggalkan dan dapat dijadikan bukti. Si pelaku dapat dihantam balik seperti yang dilakukan VV. Saran saya, kejahatan seksual ini jangan disimpan oleh korban untuk alasan apa pun. Lawan dan bicara!



Salam Kekinian,



RK
 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :102206

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :67629

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :58287

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :40799

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :35839

Perlu jarak waktu lama  untuk The Virgin mengeluarkan album lagi setelah album perdana Yes I Am.Duo Mita dan Dara mengaku bukan perkara mudah untuk akhirnya merilis album baru. Terutama persetujuan founder mereka Ahmad Dhani yang sekaligus manajemen The Virgin.

viewed :34138