09/08/2018 01:05 PM
share on :  
Sekelumit Kisah Pilu Pencipta Lagu Poco-poco

Sambil menikmati cita rasa kopi pagi, seperti biasa saya membaca koran. Sesekali juga saya membuka gawai, dan memperhatikan judul-judul berita politik yang menghiasi media online tanah air. Ada satu berita menarik sekaligus ironis terkait nasib pencipta lagu “Poco-poco”, Arie Sapulette. Belakangan, lagu ini berada pada puncak popularitas karena dipakai sebagai lagu latar acara “The Largest Poco-Poco Dance” yang diikuti Presiden Jokowi dan 65 ribu peserta lainnya, Minggu (5/8/2018). Acara tersebut berhasil memecahkan Guinness World Records.

Ternyata, nasib Arie Sapulette, pencipta lagu “Pococ-poco”, tidak seindah lagu dan senam yang ia ciptakan. Salah satu koran terkenal menulis, Arie saat ini mengidap penyakit skizofrenia. Ia bahkan sudah 18 tahun hidup dengan penyakit gangguan mental kronis itu. Tak kalah menyedihkan, Arie yang sudah berusia 58 tahun, praktis hanya dirawat oleh ayahnya, seorang pensiunan TNI berusia 84 tahun. Ia sudah ditinggalkan istri dan anaknya karena penyakit yang diderita.

Arie tinggal terkurung di kamar gelap dan sempit berukuran 3 x 4 meter dalam sebuah rumah sederhana di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ia akan menghindar jika ada orang tak dikenal datang ke rumahnya. Sebelum menetap di Jakarta, Arie diketahui pernah menjadi tenaga honorer selama 10 tahun di kantor Depanaker daerah asalnya, Ternate, Maluku Utara. Ia frustasi dan jadi pemarah karena tak kunjung diangkat sebagai tenaga tetap. Tahun 1990, ia kembali ke Jakarta dan bermusik dengan dua kakaknya. Di tahun tersebut Arie menciptakaan lagu “Poco-poco”, dan makin populer saat dibawakan ulang oleh Yopie Latul.

Lantas apa yang didapat Arie dari karyanya tersebut? Data Lembaga Manejemen Kolektif (LMK) menyebutkan, Arie mendapat royalti atas lagu “Poco-poco” senilai 3 juta rupiah setahun. Pun ia hanya peroleh bayaran jika lagunya dipakai untuk kepentingan komersil. Lain tidak. Anda boleh membayangkan, sebegitu mashurnya lagu dan goyang “Poco-poco” sampai hendak diklaim Malaysia sebagai milik mereka, ternyata berbanding terbalik dengan nasib pencipta lagu tersebut. Arie Sapulette; lagu mendunia, tapi penciptanya  sekarat.


Salam Kekinian,


RK
 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :102329

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :67864

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :58555

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :40887

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :36023

Perlu jarak waktu lama  untuk The Virgin mengeluarkan album lagi setelah album perdana Yes I Am.Duo Mita dan Dara mengaku bukan perkara mudah untuk akhirnya merilis album baru. Terutama persetujuan founder mereka Ahmad Dhani yang sekaligus manajemen The Virgin.

viewed :34544