01/01/2012 10:06 AM
share on :  
Cek Sound Ayuz (Bassis Merpati)

Merpati Band dengan dua vokalis Andi dan Rani lebih nampak dibandingkan personil lainnya. Karena memang single hits RBT mereka berkarakter duet. Tapi coba Anda bayangkan, bagaimana jika tidak ada bunyi berfrekuensi rendah yang dihasilkan oleh instrumen bass dalam sebuah komposisi musik Merpati?

Tentu jawabannya tidak akan seindah suara bass yang ‘menjahit’ semua komponen dalam lagu tersebut. Ya, pada dasarnya bass adalah salah satu alat musik yang menentukan tempo dalam bermain musik, menjaga agar gitar dan vokal tetap konstan pada tempo yang telah ditentukan.

Berikut wawancara dengan Ayuz (bassis Merpati) yang terdengar kalem permainannya. Ayuz tidak terlalu melepaskan sound bass-nya dengan teknik yang menonjol. Slapping, popping, tapping atau teknik lainnya hampir tidak terdengar. Namun tarian jemari Ayuz telah menjadi bagian penting karya Merpati hingga mampu terbang tinggi.

Bagaimana awalnya Ayuz bisa menjadi seorang Bassis?
Sama seperti Boegil (drummer Merpati  awalnya aku terpaksa bermain bass. Bedanya Boegil karena ditekan senior kalau aku memang keadaan. Sebenarnya dulu aku bermain gitar waktu di Ciamis sudah bersama Andi (vokalis Merpati) dengan band “Stick” namanya. Bisa dibilang aku dan Andi-lah yang jadi format pertama Merpati. Setelah itu ketemu dengan Rani yang di daerah kami sudah punya nama karena bakatnya. Antara Andi, aku dan Rani hanya beda RT saja hingga akhirnya mudah berkumpul membuat band. Tapi tidak adanya bassis membuat aku banting stir dari gitaris ke bass, itu awalnya.
 
Peran Bass pada lagu menurutmu?
Bass sangat penting perannya sebagai penentu dan pemandu chord yang sedang dimainkan dalam setiap pergerakan lagu. Bersama drum, bass juga berperan sebagai pengiring musik. Layaknya benang dalam jahitan bass menjahit antara gitar dan piano dengan drum sehingga dapat menjadi kesatuan yang harmonis.

Mudah nggak sih dari gitar ke bass?

Untuk bisa bermain bass sebaiknya kita belajar gitar dulu, jangan langsung belajar bass. Sebab biasanya orang yang bisa bermain gitar pasti bisa bermain bass, tapi orang yang bisa bermain bass belum tentu bisa bermain gitar.

Kalau gaya permainan kamu di Merpati seperti apa?

Merpati adalah band yang sudah menyadari perannya masing-masing. Dari awal aku sudah tahu kekuatan Andi dalam menciptakan lagu, Rani dengan kekuatan vokalnya, M bass bisa tidak hanya mendampingi drum menjaga rhythm section, tapi bisa bernyanyi lebih bebas menyesuaikan dengan progresi chord dan alur melodi lagu utama. Kalau aku lebih mengutamakan kesederhanaan dalam bermain bass. Menjaga groove dan kesatuan rhythm yang kuat sehingga mampu menjaga dinamika komposisi secara keseluruhan. Simple is the best itu menurutku. Sound bass disesuaikan dengan kebutuhan Merpati lebih low mid. Low lebih ku tinggikan dibanding parameter yang lain.

Apa yang belum tercapai dalam karier bermusik

Aku ingin sekali ngejam bareng idolaku Thomas Ramdan dari band GIGI. Sampai sekarang belum tercapai.

 

Bass yang kamu sering gunakan apa?

Cort Curbow 4 senar seri 4FL dengan senar D'addario diameternya sedang, tidak terlalu tebal. Aku sesuaikan dengan tanganku yang tidak terlalu lebar. Dengan Amply Gallien Krueger lebih seringnya dipasangkan dengan effect BOSS. www.nagaswaramusic.com/ ary

 
 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101288

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :66174

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :39845

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :33982

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31816

Per 1 Mei 2016 mendatang personil Duo Anggrek bakal berganti formasi. Mozza Kirana dalam waktu dekat akan vakum dari Duo Anggrek. Sebagai penggantinya, Putri Unyu bakal menggantikan Mozza sebagai personel Duo Anggrek yang baru.

viewed :25684