02/05/2013 08:02 AM
share on :  
Pembajakan Album Wali Band, Kerugian Capai 1 Milyar

Tersangka pembajak lagu band Wali di Malyasia, Ir Malikul Akbar Atjil mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Malang, Jawa Timur, Rabu (01/05) kemarin. Sidang perdana itu mengagendakan keterangan saksi. Chief Executive Officer (CEO) perusahaan rekaman Nagaswara, Rahayu Kertawiguna, dihadirkan untuk menjadi saksi kunci pada perkara pelanggaran hak cipta tersebut.

"Perbuatan yang dilakukan Atjil jelas merugikan. Namun akan lebih merugikan jika dibiarkan dan merusak moral. Saya punya kewajiban kepada artis Nagaswara untuk memberikan hak dan menjaga karya mereka juga," kata Rahayu Kertawiguna di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (01/05) malam.

Kerugian yang dialami pihak pemegang hak cipta saat melapor pada 2010 menyentuh angka 1 milyar lebih. Angka tersebut bisa saja terus meningkat.

"Selama Atjil belum diputuskan bersalah. Pihak distribusi Malaysia Incitech bisa terus menjual karya band Wali versi Atjil tanpa ijin, " ucap penasehat hukum Nagaswara, Usin Afdisyah Putra SH.

Lagu Cari Jodoh karya cipta band Wali dibajak di Malaysia pada 2009. Band Wali selaku pemegang hak cipta pun melaporkan kejadian tersebut pada pihak berwajib pada 2010. Setelah dilakukan penyidikkan, ternyata pelaku pembajakkan adalah bangsanya sendiri, seorang mantan aktivis anti pembajakan.

Hal itu diperkuat oleh pernyataan dari pihak Incitech distributor  Malaysia yang merasa sudah membeli karya dari Wali Band yang berjudul Cari Jodoh dari Atjil. Sempat menghindar dan tidak mengakui tindakkannya, akhirnya Atjil berhasil ditangkap Polda Jatim (Surabaya) pada awal 2013.

Sidang dilaksanakan di PN Malang karena diduga proses produksi pembajakkan dan domisili tersangka Atjil ada di kota tersebut. Sehingga perkara dilimpahkan dari Surabaya untuk diproses di Malang. www.nagaswara.co.id/ Ary
 

 
Foto Terkait :
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101286

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :66166

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :39845

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :34018

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31836

Per 1 Mei 2016 mendatang personil Duo Anggrek bakal berganti formasi. Mozza Kirana dalam waktu dekat akan vakum dari Duo Anggrek. Sebagai penggantinya, Putri Unyu bakal menggantikan Mozza sebagai personel Duo Anggrek yang baru.

viewed :26125