15/11/2013 03:05 PM
share on :  
Pemenang Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara Bisa Go Internasional

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menggelar Lomba Cipta Lagu Pop Daerah Nusantara (LCLPDN) 2013 sebagai upaya untuk menggugah kembali kecintaan masyarakat terhadap lagu-lagu daerah.

“Supaya masyarakat dan kalangan remaja bisa mencintai dan bangga terhadap lagu-lagu daerah,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.
Festival LCLPDN 2013 merupakan penyelenggaraan tahun kedua setelah festival tersebut sebelumnya diselenggarakan pada 2012.

Dalam LCLPDN 2013, dewan juri berhasil menjaring 108 lagu daerah yang berasal dari 28 provinsi di Tanah Air. Dari ratusan lagu tersebut, juri akhirnya mengerucutkan pilihan menjadi 10 lagu terbaik.

Sementara grand final dijadwalkan akan berlangsung pada 26 November 2013 mendatang di METRO  tv .Acara tersebut akan disiarkan tunda melalui stasiun TV swasta Metro Tv.

"NAGASWARA akan mengemas karya pemenang untuk didistribusikan dalam bentuk digital.bentuk digital hasilnya tidak terukur, dengan masuknya era itunes tentunya lagu daerah bisa menyentuh dunia internasional.sementara untuk distribusi fisik masalah jumlah bisa terukur"ucap Rahayu Kertawiguna Produser Nagaswara sekaligus anggota dewan juri LCLPDN.

Sapta Nirwandar mengatakan lagu-lagu daerah sebagai salah satu warisan nilai luhur budaya bangsa, kini tergilas oleh tumbuhnya kreativitas kalangan muda yang berlomba menciptakan lagu-lagu modern bertema cinta.

Di sisi lain, pihaknya pun prihatin terkait banyaknya stasiun televisi yang saling bersaing ketat merebut rating melalui program musik yang tak satupun bernuansa kedaerahan. “Imbasnya remaja tak lagi mengenal lagu-lagu yang berasal dari tanah kelahirannya,” katanya.

Sementara itu pemusik Dwiki Dharmawan yang bertindak sebagai dewan juri dalam LCLPDN 2013 berharap festival tersebut bisa mengangkat kembali eksistensi bahasa-bahasa daerah.
Dalam proses penjurian LCLPDN 2013, pihaknya mengakui bahwa banyak penulis lagu berbakat yang belum mendapatkan kesempatan untuk menggali potensi mereka.

“Mereka  adalah song writer yang bagus yang belum punya kesempatan sehingga dengan adanya kegiatan ini kreatifitas mereka keluar. Terlihat ada usaha-usaha mereka untuk melakukan komposisi antara lagu dan lirik bahasa daerah yang cukup harmonis,” kata Dwiki.www.nagaswara.co.id/ Ary
 

 
Foto Terkait :
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101078

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :65869

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :39630

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :33704

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31694

Single pertama “Audisi”, Endank Soekamti sukses mendatangkan ratusan Kamtis Family (sebutan fans Endank Soekamti) dari berbagai daerah sebagai figuran di video klip.

viewed :24832