30/09/2014 05:11 PM
share on :  
Pelaku Industri Musik Tanah Air Sosialisasi Awal UU Hak Cipta 2014

 Hak Cipta merupakan basis terpenting dalam Ekonomi Kreatif Nasional, perkembangan Ekonomi kreatif yang menjadi salah satu andalan Indonesia dan berkembang pesatnya teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan adanya pembaruan Undang-Undang Hak Cipta.

Sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap pentingnya Hak Cipta, Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengajukan Rancangan Undang-undang Hak Cipta. Pada tanggal 16 September 2014 DPR RI telah mengesahkan Undang-undang Hak Cipta yang baru. Para praktii dan pelaku industri kreatif pun menyambut gembira hal ini.
Pada hari Senin 29 September 2014 , Dirjen Hak Kekayaan Intelektual melakukan acara talk show dengan tema "Undang-undang Hak Cipta Baru dan Masa Depan Ekonomi Kreatif yang berlangsung di Ballroom, Crowne Plaza Hotel, Jakarta.
 
" Ini adalah tahap awal sejak disyahkannya UU Hak Cipta 2014,dengan melakukan sosialisasi untuk menjalankan UU ini, Undang Undang Hak Cipta ini sebagai payung hukum kepada pelaku usaha yang berkaitan erat dengan Industri kreatif salah satunya adalah label musik," ungkap CEO NAGASWARA, Rahayu Kertawiguna.
 
Sosialiasi Awal UU Hak Cipta 2014. Dimana dalam Undang Undang ini mengatur Lembaga Management Kolektif Indonesia yang menjamin Hak dari Royalty para Pencipta lagu dan Hak Terkait lainnya. Dan diharapkan dengan diberlakukannya UU Hak Cipta yang baru ini dapat menjadi pendorong produktifitas dari industri kreatif  Indonesia dalam menjawab tantangan akan  kepastian hukum di  era digital  saat ini.
 
"Delapan pendekar musik seperti Dharma Oratmangun, JamesF Sundah, Abdee Slank, Gopal, Jusak Asirindo, Ventha Lesmana dan Budi Wami turut hadir di acara sosialisasi UU Hak Cipta 2014. Semoga ini menjadi pencerahan bagi pelaku industri kreatif khususnya industri musik," pungkas Rahayu Kertawiguna.
 
Dalam UU Hak Cipta 2014 disebutka akan memberikan ancaman hukuman yang berat untuk para PEMBAJAK  dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan.atau pidana denda paling banyak Rp. 4 Milyar. Upaya efek jera ini sebagai bentuk perlindungan Negara terhadap industri kreatif di Indonesia. www.nagaswara.co.id/ Tim NMC

 

 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101052

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :65848

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :39612

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :33666

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31689

Single pertama “Audisi”, Endank Soekamti sukses mendatangkan ratusan Kamtis Family (sebutan fans Endank Soekamti) dari berbagai daerah sebagai figuran di video klip.

viewed :24821