25/11/2014 12:05 PM
share on :  
Apoy Wali Atraksi Memainkan Gitar di Winter Festival Taiwan

Gitar adalah teman, inilah yang kata-kata yang selalu ia sebutkan ketika ditanya soal gitar. Di saat tampil dalam acara Winter Festival 2014, Apoy mencoba ber-atraksi dengan gitar kesayangannya. Bagaimana Apoy mendalami permainan gitarnya? Berikut petikan wawancaranya!

Dari siapa sih Apoy belajar Gitar?

Banyak. Saya nge-fans dengan beberapa gitaris kawakan seperti Steve Vai, Joy Satriani, dan Andy Tummons. Banyak guruku dalam bermusik. Dari merekalah aku belajar cara bermain  gitar dan menciptakan denting gitar yang menurut aku pribadi bagus. Kalau musik aku menyukai aliran rock alternatif seperti Green Day dan Fire House. Nyaman didengar.

Kami dengar Apoy punya gitar kesayangan dengan nama anak, ceritakan dong.

Sebagai gitaris tentu saja aku punya gitar kesayangan. Salah satu wujud rasa cintaku kepada anak adalah mengukirkan nama anakku pada gitar yang aku mainkan. Dengan begitu aku selalu ingat anak isteri jika sedang pentas di luar kota, meski tidak bersama mereka. Intinya, supaya aku bisa selalu mengingat mereka sehingga menjadi penyemangat. Aytsar Hardani Rabby, itu nama anakku. Namanya aku ukir di gitar yang aku mainkan setiap pentas wali.

Sebagai gitaris Apoy pernah berujar berat gitarnya ringar rejekinya. Maksudnya apa sih?

Aku punya satu gitar warna hitam. Itu salah satu gitar terbaikku. Sewaktu di pesantren aku melihat anak-anak pesantren memiliki potensi kuat untuk syiar  Islam dengan musik. Kemudian aku hadiahkan gitar itu kepada mereka. Aku katakan berat gitarnya namun ringan rejekinya. Gitarnya memang berat namun jika bisa memainkannya dengan baik akan mendatangkan rejeki dengan mudah.

Apa sih arti gitar bagi Apoy?

Tanpa gitar mungkin aku seperti tanpa semangat. Gitar bagiku adalah teman. Bahkan bisa dibilang gitar bagiku seperti isteri kedua. Banyak inspirasi yang aku dapatkan dengan memetik gitar. Gitar juga bisa mengakrabkan dan menyatukan teman-teman baru. Jadi bagiku gitar adalah segalanya. Gitar bagiku adalah alat untuk mencari rejeki, ibarat petani gitar adalah cangkul.

Eh, katanya pernah menjadi gitaris pengganti juga ya?

Aku dulu pernah menjadi gitaris Netral saat mereka kekurangan personel. Additional player lsh itu istilahnya. Aku diminta mas Bagus ikut gabung sementara. Tepatnya pada tahun 2011 saat Netral membuat album berjudul “Oke Deh”.  Setelah mereka menemukan gitaris tetap, tentu saja aku berhenti.

Sebagai komposer lagu-lagu Wali, apa yang membuat Apoy bangga?

Alhamdulillah, beberapa lagu ciptaanku bisa menembus pasar Eropa. Bahkan katanya bisa menjadi jawara tangga lagu Eropa. Ini cukup membuat kami bangga bahwa karya kami diapresiasi khalayak di luar negeri. Lewat lagu “Cari Jodoh” yang liriknya diubah dalam bahasa inggris dan diaransemen ulang oleh Fabrizio Fanielo serta diberi judul “Now I Can Do”,  nyatanya bisa diterima pasar musik Eropa. Katanya lagu ini pernah menjadi headline beberapa media masa di Eropa sana. Ini anugrah besar bagi Wali. www.nagaswara.co.id/ Tim NMC

 

 

 
Foto Terkait :
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar (1)
fauzi
19/06/2017 07:23 PM
Gimana cara bisa menembus label

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101365

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :66326

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :41619

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :39964

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :34207

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31920