26/01/2015 02:05 PM
share on :  
Artis Indonesia Mendukung Rumah Karaoke Berlisensi

Sejumlah artis seperti Siti Badriah, Ariel, Bunga Citra Lestari, Hesty, Apoy Wali, Pasha Ungu, Cita-Citata, Rian D Masif, pada Senin 26-Januari 2015 bertempat di Nav Karaoke, Taman Kuningan, Jakarta Selatan memberikan dukungan untuk Rumah Karaoke Berlisensi.

Rumah Karaoke dalam beberapa tahun belakangan menjadi tempat favorit untuk bersantai. Aneka aliran musik, lagu lagu dari penyanyi  yang sedang ngetop atau band-band yang sedang menjadi favorit para pengunjung menjadi andalan rumah karaoke untuk menarik pelanggan. Salah satu faktor utama kesuksesan Rumah Karaoke di Indonesia karena banyak menggunakan video musik/karaoke asli  sehingga familiar atau tidak asing dimata maupun kuping para pengunjung karaoke.

Untuk keperluan pelanggannya, Rumah karaoke mengisi konten lagu-lagu karya rekaman asli yang dinyanyikan oleh artis penyanyi / band yang menjadi idaman para pengunjung akan diusahakan selengkap mungkin karena akan berpengaruh ramai tidaknya pengunjung mendatangi usaha karaokenya yang berarti berkaitan dengan pendapatan dan keuntungan yang diraihnya.

Kalau bicara atas lagu-lagu karaoke yang dinyanyikan oleh para pengunjung karaoke tentunya tidak terlepas dengan usaha para produser rekaman selaku  pemilik atas karya rekaman asli dan para artis penyanyi/band selaku pelaku pertunjukan (HAK TERKAIT) yang melambungkan lagu-lagu menjadi populer sehingga digandrungi.

Ada 2 (dua) hak lisensi yang seharusnya dimiliki oleh Pengusaha Rumah Karaoke, yang pertama adalah perijinan untuk menggandakan lagu tersebut ke dalam server dan penyediaan (pengadaan) video musik / lagu untuk di akses berulang ulang yang sepenuhnya merupakan hak eksklusif para produser rekaman dan Performers. Hak itu harus didapatkan ijinnya sebelum mengadakan komunikasi ke publik yang merupakan hak kedua atau hak remunerasi dari Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) ASIRINDO.

Dari pada para pengusaha rumah Karaoke dipungut oleh banyak pihak sebagai pemilik Hak Terkait, dengan maksud membantu mempermudah, ASIRINDO sebagai LMK dalam hal hak pertama, dengan didukung perusahaan rekaman anggota ASIRI, ASPRINDO dan LMK dari performers yaitu PRISINDO, berinisiatif memulai pemberian ijin Hak Terkait melalui satu pintu sehingga Rumah Karaoke dengan nyaman dapat menggunakan konten karya rekaman musik yang ada di bawah pengelolaan ASIRINDO.

NAV Karaoke Keluarga sebagai salah satu pemain terbesar usaha karaoke keluarga di Indonesia sangat jeli menangkap peluang ini dengan melakukan Franchise hingga usahanya telah berjumlah 98 outlet dan akan terus berkembang untuk waktu kedepan. NAV Karaoke Keluarga sangat mengerti peluang bisnis tetapi juga menghargai hak pihak lain yang terkait dengan usaha yang digelutinya. Pada tanggal 21 November 2014 lalu, NAV Karaoke Keluarga telah bekerjasama dengan menandatangani Perjanjian Pemberian Lisensi Atas Karya Rekaman sehingga dengan lisensi yang diperolehnya akan mendapatkan karya rekaman lagu-lagu dengan para penyanyi/band yang benar-benar asli, yang telah dikenal familiar oleh mata dan kuping para pengunjung karaoke karena berkerja sama dengan pihak yang tepat. PT. AS INDUSTRI REKAMAN INDONESIA (“ASIRINDO”) sebagai LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF (“LMK”) pemberi ijin, menaungi dan mendapat kuasa untuk memberikan ijin dari 81 Perusahaan Rekaman ternama yang bergabung di ASOSIASI INDUSTRI REKAMAN REKAMAN INDONESIA (“ASIRI”) ditambah ASPRINDO dan PRISINDO kepada pengusaha rumah karaoke.

Pengusaha Rumah Karaoke, khususnya NAV Karaoke Keluarga sudah sepantasnya menghargai peran Pengusaha Rekaman Musik Karaoke dan Para Artis Penyanyi/Band sebagai pemilik Hak Terkait sesuai perintah Undang-Undang Hak Cipta Nomor 28 tahun 2014 karena sangat jelas telah mengatur peran masing-masing pihak yang dianggap sebagai pihak yang ada hubungannya dengan kepemilikan Hak Terkait sehingga tahu persis apa saja hak yang dimilikinya maupun melakukan tindakan hukum  apa apabila haknya dilanggar oleh pihak lain.

ASIRINDO melakukan implementasi Undang-Undang Hak Cipta tersebut dengan melaksanakan hak ekonomi atas  Hak Terkait yang dimiliki Para Produser Rekaman dan Para Artis/Penyanyi selaku Pelaku Pertunjukan dibawah naungannya. ASIRINDO dengan kewenangan yang dimiliknya dapat memberikan Lisensi dan/atau melarang pihak lain untuk melakukan Penggandaan, dan Penyediaan video musik serta komunikasi kepada publik terkait Karya Rekaman Musik/Video Musik milik para Produser Rekaman yang didalamnya ada pelaku pertunjukan yaitu artis/penyanyi sehubungan dengan usaha karaoke komersial.  ASIRINDO sebagai anggota International Federation of Phonographic Industry (IFPI) yang berkantor pusat di London, Inggris, dipercaya untuk mewakili Hak atas karya rekaman internasional dari para anggota IFPI. berkantor di London, Inggris.

ASIRINDO sedang menyempurnakan sistem perhitungan royalti yang fair dan transparan berbasis pay per use/play dan menjadi komitmen ASIRINDO dan NAV Karaoke Keluarga akan diberlakukan pada tahun 2016, yang nantinya seluruh produser rekaman dan artis dapat melihat secara langsung dengan cara online dan real time mengenai jumlah pemakaian konten-konten karya rekaman yang sedang dipergunakan oleh para pengunjung rumah karaoke.

Para pengusaha rumah karaoke yang ingin tetap menggunakan karya rekaman asli dan mencantumkan nama artis penyanyi/band dalam konten-konten yang dimiliki sehingga memudahkan untuk dipilih para pengunjungnya dan menyadari bahwa pilihannya tersebut mempunyai konsekuensi dengan harus menghargai hak pihak lain dengan mengurus ijin agar dapat perlindungan hukum dan akan lebih disukai oleh para pengunjungnya. Tetapi apabila pilihannya tidak ingin berbagi dan hanya ingin kantong dirinya saja yang tebal tentunya dipersilahkan tidak memakai karya rekaman asli milik para produser rekaman dan tidak perlu mencantumkan nama artis/penyanyi dalam setiap judul lagu milik para anggota  naungan ASIRINDO.

Apabila ternyata pengusaha rumah karaoke komersial masih tetap membandel menggunakan karya rekaman asli milik para produser rekaman dan mencantumkan nama artis/penyanyinya anggota ASIRINDO, berarti tidak mempunyai itikad baik oleh karenanya terjadi pelanggaran dan konsekuensinya, ASIRINDO akan mengambil tindakan hukum karena merasa haknya telah dilanggar dimana hak kepemilikannya dipakai tetapi si pemakai tidak mau berbagi atas hasil pemakaiannya. www.nagaswara.co.id/PR
 

 
Foto Terkait :
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101275

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :66143

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :39827

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :33952

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31812

Per 1 Mei 2016 mendatang personil Duo Anggrek bakal berganti formasi. Mozza Kirana dalam waktu dekat akan vakum dari Duo Anggrek. Sebagai penggantinya, Putri Unyu bakal menggantikan Mozza sebagai personel Duo Anggrek yang baru.

viewed :25599