15/06/2015 11:05 AM
share on :  
Delon : Tindak Tegas Pengusaha Rumah Karaoke Ilegal

Rubrik KOPI (Komentar Orang Pilihan Indonesia) adalah hasil wawancara singkat dengan Tokoh / Publik Figure / Pejabat Publik / Praktisi sesuai bidang keahlian, mengenai tema sosial terkini yang menjadi sorotan publik dan menjadi sumber inspirasi banyak orang.
 
Delon yang Jebolan Indonesia Idol ini dalam waktu dekat akan merilis album Dekade. Persiapan demi persiapan menjelang dirilisnya album Dekade semakin keliatan. Misal: Delon diikutkan dalam album Mengenang Rinto Harahap.

Saat ini album CD Delon yang dirilis di Gerai restoran siap saji juga terus mengalami repeat setiap bulannya, menandakan karya Delon sangat diapresiasi oleh penikmat musik Indonesia. Untuk seorang penyanyi sekelas Delon bisa bertahan eksis di panggung show biz bukanlah hal yang gampang.

Baru-baru ini Delon berperan aktf dalam memerangi illegal musik yang terjadi di rumah karaoke. Bersama teman artis lainnya Delon menyuarakan anti bajakan. Merintis dalam perjalanan karirnya di musik, pria yang bernama lengkap  Stanislaus Alexander Liauw Delon Thamrin ini sangat getol melakukan visit ke stasiun radio saat live show didaerah. Menurutnya media radio adalah ujung tombak promosi lagu, maka selayaknya artis penyanyi punya tanggung jawab menjalani promo radio. Karena saat ini, artis besar dan artis new comer, semuanya butuh media radio.

Inilah wawancara Delon dengan Khojay cheng dari Nagaswara News beberapa waktu lalu di kantor berita NAGASWARA NEWS.

(NN) Sekarang ngapain aja?
(Delon) masih aktif diseputar musik, promosi single untuk album yang akan datang, visit ke media-media. Kemudian bersilaturahmi ke stasiun radio se-Indonesia saat ada show didaerah. Dan saya bersyukur dengan aktifitas yang saya lakukan punya efek. Misal album saya sebelumnya yang kerjasama dengan KFC sampai hari ini repeat terus di daerah-daerah, bahkan diluar dugaan saya sebelumnya. Dan sebelum rilis album yang akan datang beberapa bulan kedepan, saya giat juga rekaman di studio, karena next album lebih wah seperti judul albumnya DEKADE yang punya arti penting dalam perjalanan karir saya..

(NN) Emang artinya Apa?
(Delon) DEKADE bisa diartiikan juga DEdikasi KArya DElon, maksudnya perjalanan karir saya di industri musik tanah air.

(NN) Anda sangat komit dan peduli dengan perlawanan pembajakan musik, emang dah parah?
(Delon) iya, sangat parah, seperti penyakit kanker stadium 4. Kalo dalam politik, harus dilakukan revolusi mental.

(NN) Baru-baru ini anda juga aktif memerangi illegal musik di rumah karaoke musik?
(Delon) saya pengen dan berharap pengusaha rumah karaoke di Indonesia setidaknya memberikan hormat dengan membayar hak seniman musik sebagai jerih payah dalam berkarya.

(NN)  Dari pantauan dilapangan banyak juga sebagian  artis  yang tak peduli dengan karyanya dibajak, menurut anda kenapa?
(Delon) Mungkin artis tersebut gak mau ribet karena berpikir sudah ada lembaga resmi yang membela musisi. Dan ada juga yang masih berpikir kalau bajakan itu bagian dari promosi yang gratis dan menjadi ukuran, apakah karyanya diterima atau tidak oleh pasar.

(NN) Jika anda aparat penegak hukum, apa yang anda lakukan kepada pengusaha rumah karaoke yang melanggar kewajibannya terhadap seniman musik?
(Delon) hmmmm… mungkin dipaksa bayar, kalo gak mau juga, berarti dibawa kejalur hukum. Berarti harus menjadi tersangka  kalau melanggar hukum.

(NN) Apa harapan anda terhadap musisi yang sekarang menjadi pengusaha rumah karaoke?
(Delon) Lebih berempati dalam segala hal ketika sebelum menjadi pengusaha rumah karaoke, karena mereka juga berawal dari seniman new comer.

(NN) Terakhir, sebaiknya peran lembaga musik resmi yang mengatur kebijakan di Indonesia harus seperti apa? Agar nasib seniman musik dihari tuanya terjamin?
(Delon) Sebaiknya peran lembaga harus lebih gesit dan inovasi dalam memikirkannya hal ini, jangan hanya memikirkan keuntungan semata. Dari kejadian diluar negeri yang banyak artis major label berubah haluan ke indie. Ini menandakan peran lembaga musik sudah tak berpihak ke musisinya. Semoga hal ini cepat ditangani oleh lembaga musik di Indonesia terutama dalam mengatur royalty dan hak-hak seniman musik yang manusiawi serta menjamin masa depan, misal bekerjasama dengan pihak asuransi.www.nagaswara.co.id/(Khojay Cheng)       
 

 

 

 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :101416

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :66439

Penyanyi Malaysia Baby Shima akhirnya merasakan bagaimana dangdut menjadi musik yang dicintai masyarakat Indonesia . Melalui ajang Dangdut Academy Asia 3 (DA 3) di Indosiar pelantun " Makan Hati" ini mengaku terpukau dengan proses ajang DA 3. 

viewed :52459

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :40049

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :34375

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31985