22/06/2015 01:00 PM
share on :  
Nugie TDC : Untuk WWF Indonesia #beliyangbaik

Rubrik KOPI (Komentar Orang Pilihan Indonesia) adalah hasil wawancara singkat dengan Tokoh (Seniman / Publik Figure / Pejabat Publik / Praktisi sesuai bidang keahlian), mengenai tema sosial terkini yang menjadi sorotan publik dan menjadi sumber inspirasi banyak orang .

Nugie yang bernama lengkap Agustinus Gusti Nugroho merupakan personil band papan atas Indonesia TDC (The Dance Indonesia). Selain itu, pria yang lahir di Jakarta 31 Agustus ini juga sangat aktif dikegiatan lingkungan hidup, sehingga  dirinya dinobatkan sebagai Duta dari WWF Indonesia.

Perjalanan karir  Nugie di industri musik tanah air tak perlu diragukan, sejak kemunculan di era 90-an, nama Nugie sudah jaminan sebagai hitsmaker. Pencetus album Trilogi (Bumi, Air dan Udara) ini, lagu-lagunya yang dirilis selalu masuk chart radio setanah air. Walaupun Nugie sekarang eksis dikegiatan lingkungan, namun Nugie justru berhasil mengkolaborasi  antara musik dan kegiatan lingkungan Hidup. Berikut petikan wawancara Nugie dengan Khojay Cheng dari NAGASWARA News(NN)                

(NN) Sekarang sibuk apa aja?
(Nugie) Saya masih aktif bermusik solois dan juga band TDC (The Dance Company)… baru akan merilis single kampanye lingkungan untuk WWF Indonesia,  #beliyangbaik  judul lagu mulailah dari diri sendiri… juga berencana melanjutkan album grup TDC yang ketiga 

(NN) Anda duta WWF dan WALHI , Tolong ceritain…
(Nugie) Saya sebagai supporter kehormatan WWF dan relawan buat banyak kegiatan lingkungan, duta lingkungan untuk Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan, Sahabat Sanitasi untuk Kementerian PU.

(NN) Sebagai duta lingkungan, Bagaimana anda melihat kasus yang terjadi di Bali mengenai sebagian masyarakatnya “Tolak Reklamasi”. Apa yang sebenarnya terjadi di sana?
(Nugie) Semua isu soal lingkungan selayaknya menjadi perhatian dan mitigasi harus bisa dilakukan, terlepas dari kepentingan siapapun didalamnya, lingkungan alamsepantasnyajadi yang diutamakan bila sampai harus terjadi perubahan, semaksimal mungkin konservasi harus menjadi platform utamanya , dalam hal ini banyak kepentingan politis sifatnya yang mengganggu komitmen-komitmen lingkungan dihampir seluruh wilayah negeri, apalagi sangat disayangkan bila sampai timbul konflik atas nama lingkungan. Alam akhirnya tetap sebagai yang dikalahkan, semoga tidak demikian. Sosialisasi dan keterbukaan sejujur-jujurnya dari kedua pihak harus diupayakan karena saya yakin pasti ada jalannya asal sepakat bahwa lingkungan alam yang harus diutamakan.

(NN) Sosok anda identik dengan musik, lingkungan dan bersepeda. Gimana anda menanggapinya?

(Nugie) saya menanggapinya dengan tidak berubah sampai kapanpun, karena memang saya hanya menjalani yang saya cintai dan mencintai apa yang saya jalani.

(NN) Berdasarkan pantauan media, anda orangnya idealis dan komit, apakah juga anda terapkan dalam keluarga di rumah?
(Nugie) Walk the walk, mulailah dari diri sendiri, hanya itu yang saya jalani, ada tidaknya media liputan, sangat terima kasih kalo ada yang menyiarkan, semoga bisa menginspirasi

(NN) anda jebolan FISIF UI, bagaimana anda melihat musik dan lingkungan mempengaruhi kehidupan politik Indonesia?
(Nugie) Naaah lucunya musik dan lingkungan kok mirip masalahnya, yaitu hanya sebagai komoditi bukan sebagai subyek pelaku atau penggerak perubahan itu  sendiri. Musik dan lingkungan banyak menjadi obyek-obyek pameran dan seminar atau brand imagebelum bener-bener menyatu dengan semua lini kehidupan, dimana menurut saya seharusnya begini, tidak ada manusia di dunia yang bisa lepas dari musik dan lingkungan, jadi selayaknya musik budaya  dan lingkungan menjadi barometer tingginya peradaban manusia seperti pendidikan, olah raga, kedokteran, dll.
 
(NN) Apa harapan anda kedepan untuk lingkungan dan industri musik Indonesia?
(Nugie) Visi saya Indonesia akan menjadi pemimpin dulia yang damai dengan mengedepankan music, budaya, dan lingkungan. Karena itu sejatinya, negeri ini.www.nagaswara.co.id/(Khojay Cheng)

 

 

 

 
Kirim Komentar
Nama Email   
Komentar   
 
CAPTCHA Image Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar disamping
   
Komentar
Tidak ada Komentar

Kolaborasi pedangdut Ayu Ting Ting dan grup band Wali dalam Semarak Pesta Ulang Tahun Global TV ke-10 yang disiarkan live dari studio 8 RCTI,Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (8/10) membuat suasana makin meriah. Mereka melantunkan Aku Bukan Bang Thoyib dan Cari Jodoh, penampilan mereka memukau karena memadukan dua aliran musik berbeda itu.

viewed :100933

Tak sia-sia Siti Badriah bangun di pagi dini hari. Karena setelah menggoyang Hitzteria dengan penun semangat dan di tengah rasa kantuknya, ia pun merasa puas. Apalagi setelah itu, sekelompok penggemarnya, sudah berjubal-jubal antri untuk sekadar berfoto bersama pelantun tembang Berondong Tua itu.

viewed :65660

Prestasi penyanyi “Dewi Marpaung atau akrab disapa Dewi Marfa” dalam dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi .Kariernya sebagai penyanyi dilalui dari berbagai festival dengan hasil kalungan juara event nasional maupun Internasional.Dengan semangat Dewi menceritakan keinginannya untuk bersaing dalam ajang The X Factor 2012 kompetisi musik televisi Amerika untuk menemukan bakat menyanyi baru.

viewed :39501

Gina Youbi leader 2 Racun mengaku letih untuk kawin lagi dan cerai lagi hal yang sudah 3 kali dialami grupnya.” Setelah Natha,Janet sekarang bersama Devay akan menjadi pasangan sehidup semati bersama 2Racun jika tuhan mengijinkan. Saya sudah lelah jika seperti membina rumah tangga harus cerai lagi dan kawin lagi.Devay adalah pasangan yang seharusnya dari dulu terjalin bersama saya di 2Racun, “ujar Gina Youbi memperkenalkan pasangan duonya di 2 Racun.

viewed :33374

Duet bareng Faank dan Fabrizio adalah bukan pemandangan langka. Meski sudah sering duet bareng, kali ini duet Faank dan Fabrizio menjadi duet yang istimewa. Pasalnya, duet Fabrizio dan Faank bertepatan dengan ulang tahun Wali band yang ke 12. Keduanya terlihat kompak membawakan single Aku Bukan Bang Toyib versi Indonesia di saat pembukaan acara Happy Birthday Wali yang disiarkan secara langsung di SCTV.

viewed :31634

Single pertama “Audisi”, Endank Soekamti sukses mendatangkan ratusan Kamtis Family (sebutan fans Endank Soekamti) dari berbagai daerah sebagai figuran di video klip.

viewed :24748